6 Jenis Pinjaman Dana di Bank


Pinjaman dana adalah segala jenis hutang yang dapat melibatkan semua jenis benda yang terlihat dan biasanya sering dikaitkan dengan pinjaman uang. Pinjaman juga sering dikaitkan dengan hutang pada suatu pihak. Salah satu pinjaman yang banyak di pilih oleh masyarakat adalah pinjaman dana di bank. Terdapat beberapa jenis pinjaman dana di bank yang dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori.

6 Jenis Pinjaman Dana di Bank

1. Jangka Waktu

Berdasarkan jangka waktunya, ada tiga jenis pinjaman berdasarkan jangka waktu pelunasannya. Pertama yaitu pinjaman jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek biasanya kurang dari 1 tahun, jangka menengah diberikan dalam jangka waktu 1 sampai 3 tahun dan pinjaman jangka panjang biasanya lebih dari 3 tahun.

2. Penggunaannya

Pinjaman berdasarkan penggunaannya dibagi menjadi dua, yaitu pinjaman konsumtif dan pinjaman komersil. Pinjaman konsumtif adalah pinjaman untuk tujuan sebagai sumber dana pembelian barang-barang konsumtif. Misalnya untuk membeli mobil atau keperluan pribadi lainnya. Untuk pinjaman komersil adalah pinjaman untuk pendanaan bisnis yang akan di rintis.

3. Keperluan Bisnis

Pinjaman untuk keperluan bisnis dibedakan menjadi pinjaman modal kerja, pinjaman investasi jangka menangan dan jangka panjang serta pinjaman pembiayaan proyek.

4. Sifat Pelunasannya

Berdasarkan sifat penarikannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu pinjaman langsung dan tidak langsung. Pinjaman tersebut dibayarkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan.

5. Metode Pembiayaannya

Berdasarkan metode pembiayaannya dibagi menjadi dua, yaitu sindikasi dan bilateral. Sindikasi adalah pinjaman yang diberikan bank kepada 2 atau lebih lembaga keuangan untuk membiayai kegiatan usaha. Pinjaman bilateral adalah pinjaman yang diberikan pihak kreditur kepada satu bank atau satu lembaga keuangan.

6. Lokasi

Untuk lokasinya, pinjaman di bedakan menjadi dua, yaitu pinjaman off shore dan pinjaman on shore. Pinjaman off shore adalah pinjaman ke nasabah yang berada di luar negeri. Sedangkan pinjaman on shore adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah yang berada di dalam negeri. Pinjaman diberikan dalam bentuk valuta asing atau mata uang dalam negeri sesuai dengan keinginan nasabah yang mengajukan pinjaman tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Pilih Menabung di Bank atau Koperasi?