Pilih Menabung di Bank atau Koperasi?

Pilih Menabung di Bank atau Koperasi?


Sampai saat ini, kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih menabung di bank dari pada harus menabung di koperasi. Padahal ada perbandingan jika anda menabung di bank atau koperasi. Memang dari fungsinya dua lembaga ini memiliki perbedaan karena bank adalah perusahaan nirlaba sedangkan koperasi memiliki tujuan untuk memakmurkan anggotanya. Bagi anda yang penasaran tentang perbedaan menabung di bank atau di koperasi simpan pinjam berikut kami berikan penjelasannya untuk anda.

Menabung di Bank atau Koperasi

Menurut undang-undang bank adalah badan usaha yang mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk simpanan. Penyaluran dana tersebut juga dapat dilakukan dalam bentuk kredit pada masyarakat.

Berbeda dengan bank, koperasi simpan pinjam adalah sebuah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh seseorang atau lebih untuk kepentingan bersama. Koperasi adalah organisasi non-profit yang bertujuan untuk memakmurkan setiap anggotanya karena memiliki biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan bank.

Bunga Bank dan Bunga Koperasi

Jika berbicara tentang bunga di bank dan bunga di koperasi tentunya memiliki perbedaan. Menurut peraturan pemerintah tabungan di koperasi dalam jumlah di atas 240 ribu maka akan dikenakan pajak sebesar 10% sedangkan untuk tabungan di bawah 240 ribu maka tidak akan dikenakan pajak. Sementara itu, pajak di bank masih sekitar 20% dari jumlah bruto.

Biaya Administrasi

Yang menjadi pertimbangan untuk anda menabung dikoperasi atau di bank adalah bunga administrasi. Jika anda memiliki tabungan di bank, maka setiap bulannya anda akan dikenakan potongan biaya administrasi. Namun berbeda dengan koperasi simpan pinjam, karena anda tidak akan dibebani potongan biaya administrasi. Mungkin di beberapa koperasi ada penerapan biaya potongan administrasi namun dalam jumlah yang kecil. 

Menabung di koperasi mungkin tidak semewah menabung di bank. Namun menabung dikoperasi bisa jadi salah satu alternatif yang dapat anda pilih jika ada koperasi di sekitar tempat tinggal anda. ingat bahwa kerja di koperasi dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anggota koperasi. Sehingga biaya administrasinya lebih ringan di bandingkan di bank.

Comments

Popular posts from this blog

6 Jenis Pinjaman Dana di Bank